Mencoba ilustrasi diri melalui kata-kata manis bukan jamanya, langsung berhadapan dengan layar juga udah ga asyik..mending baca blog ini...banyak manfaatnya ko..Selamat berlayar....

Selasa, 26 Juni 2007

ANALISA MAKNA PEMBANGUNAN

Dengan otonomi daerah berarti telah memindahkan sebagian besar ke-wenangan yang tadinya berada di pemerintah pusat diserahkan kepada daerah otonom, sehingga pemerintah daerah otonom dapat lebih cepat dalam merespon tuntutan masyarakat daerah sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Karena kewenangan membuat kebijakan (perda) sepenuhnya menjadi wewenang daerah otonom, maka dengan otonomi daerah pelaksanaan tugas umum pemerintahan dan pembangunan akan dapat berjalan lebih cepat dan lebih berkualitas. Keberhasilan pelaksanaan otonomi daerah sangat tergantung pada kemampuan keuangan daerah (PAD), sumber daya manusia yang dimiliki daerah, serta kemampuan daerah untuk mengembangkan segenap potensi yang ada di daerah otonom. Terpusatnya SDM berkualitas di kota-kota besar dapat didistribusikan ke daerah seiring dengan pelaksanaan otonomi daerah, karena kegiatan pembangunan akan bergeser dari pusat ke daerah. Menguatnya isu Putra Daerahisme dalam pengisian jabatan akan menghambat pelaksanaan otonomi daerah, disamping itu juga akan merusak rasa persatuan dan kesatuan yang telah kita bangun bersama sejak jauh hari sebelum Indonesia merdeka. Setiap manusia Indonesia dijamin oleh konstitusi, memiliki hak yang sama untuk mengabdikan diri sesuai dengan profesi dan keahliannya dimanapun di wilayah nusantara ini. Yang perlu dikedepankan oleh pemerintah daerah Kabupaten Malinau adalah bagaimana pemerintah daerah mampu membangun kelembagaan daerah yang kondusif, sehingga dapat mendesain standard Pelayanan Publik yang mudah, murah dan cepat. Untuk menciptakan kelembagaan pemerintah daerah otonom yang mumpuni perlu diisi oleh SDM yang kemampuannya tidak diragukan, sehingga merit system perlu dipraktekkan dalam pembinaan SDM di Kabupaten Malinau.
Pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah daerah Kabupaten Malinau akan mempengaruhi minat para investor dalam menanamkan modalnya Kabupaten Malinau. Excelent Service harus menjadi acuan dalam mendesain struktur organisasi di pemerintah daerah. Dunia usaha menginginkan pelayanan yang cepat, tepat, mudah dan murah serta tariff yang jelas dan pasti. Pemerintah Daerah Kabupaten Malinau perlu menyusun Standard Pelayanan bagi setiap lembaga teknis pelayanan publik (Dinas) yang bertugas memberikan pelayanan kepada masyarakat, utamanya dinas yang mengeluarkan perizinan bagi pelaku bisnis. Perizinan berbagai sector usaha harus didesain sedemikian rupa agar pengusaha tidak membutuhkan waktu terlalu lama untuk mengurus izin usaha, sehingga tidak mengorbankan waktu dan biaya besar hanya untuk mengurus perizinan. Deregulasi dan Debirokratisasi mutlak harus terus menerus dilakukan oleh Pemda, serta perlu dilakukan evaluasi secra berkala agar pelayanan publik senantiasa memuaskan masyarakat.
Pelaksanaan otonomi daerah memungkinkan pelaksanaan tugas umum Pemerintahan dan tugas Pembangunan berjalan lebih efektif dan efisien serta dapat menjadi sarana perekat Integrasi bangsa. UU No. 32 tahun 2004 jauh lebih Desentralistik dibandingkan dengan UU no. 22 tahun 1999 dan UU No. 5 1974, namun karena pelaksanaan nya berbarengan dengan pelaksanaan Reformasi yang mengakibatkan efuria-efuria di kalangan masyarakat maka pelaksanaan otonomi daerah dapat juga diwarnai efuria baik dari Kepala daerah maupun dari para anggota DPRD.
Untuk menjamin agar pelaksanaan otonomi daerah benar-benar mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat, maka segenap lapisan masyarakat baik mahasiswa, LSM, Pers maupun para pengamat harus secara terus menerus memantau kinerja Pemda Kabupaen Malinau dengan mitranya DPRD agar tidak disalahgunakan untuk kepentingan mereka sendiri, transparansi, demokratisasi dan akuntabilitas harus menjadi kunci penyelenggaraan pemerintahan yang baik good government dan Clean government.
Bila pada semua lembaga teknis di daerah otonom dapat menyelenggarakan pemerintahan secara bersih dan demokratis, maka pemerintah kita secara lokal, regional bahkan nasional pada suatu saat nanti entah kapan mungkin juga akan dapat menjadi birokrasi yang bersih dan professional sehingga mampu menjadi negara besar yang diakui dunia.

Tidak ada komentar:

banjir

banjir
Malinau basssaahhh..!!!

Berjuang dengan Nurani

The day before tomorrow is today
the day untill tomorrow is next time
the day before we died is.....

fishing

fishing
Happy day

This is me...secrets

Jombloger

Jombloger
Menanti pasangan jiwa ?!!

What"s fiter done ??

Zaman Bergaya..

Duuyy eee...Nda sudah orang mau teman dengan kita..masih juga dorang salah bicara..nek..di pateni ra iso..wisss baarrr

Wednesday, June 27th 2007

Menekuni pekerjaan sebagai seorang abdi negara dan abdi masyarakat kadang menjemukan..apa sebab ? orientasi berpikir manusia bisa berbalik 180 derajat dengan satu tarikan nafas.. ini yang menyebabkan boring by jobs..hehe..what wrong..jare de e..aku wis ora kesuwe..hahaha opo maneh...lhaaa wong sitik sitik ra dikandani..kan keliatan sumpeknya...

Going for Clever

  • Ayat-ayat Cinta
  • Gerbang Dema

Saat Angin bisa membaca

Sebelah tanganku rasanya kaku...Ujung jari kelingking saja yang dapat aku rasakan, yang lain tidak bisa..menulis saja masih merintih sakit sambil menahan penat badan. Seharian ini aku cuma kerja, memeras otak dan fisik